Random Post

11.09.2012

Pelajar NU Kaji Ekonomi Nasional pada Kongres IPNU-IPPNU

Jakarta, NU Online
Kongres XVII Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Kongres XVI Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang digelar di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, 30 November hingga 4 Desember 2012 mendatang akan menyinggung orientasi ekonomi nasional.

Ketua Panitia Kongres IPNU Nurudin menjelaskan, tema umum pada perhelatan akbar tersebut adalah “Pendidikan untuk Semua, Menuju Kemandirian Bangsa”. Selain menyoroti persoalan pendidikan, tema ini mencakup pembahasan “Reorientasi Kemandirian Ekonomi Nasional demi Terwujudnya Cita-cita Kesejahteraan Bersama”.

“Kemandirian menjadi ultimate value yang niscaya direalisasi di tengah silang sengkarut problem kebangsaan kita,” tuturnya.

Selama ini perekonomian nasional, baik secara makro maupun mikro, dinilai masih tercengkeram oleh ketergantungan terhadap bangsa asing. Perusahaan asing telah menguasai sektor-sektor straegis di Tanah Air, mulai dari Migas, perbankan, industri telekomunikasi, hingga hutan dan kelapa sawit.

“Negara belum mampu mengolah seara mandiri aset dan kekayaan alam nusantara,” imbuh Nurudin.

Menurut dia, sebagai organisasi kader NU di ranah pelajar, masalah ini cukup strategis. Pelajar NU diharapkan mampu melakukan kritik-otokritik, pemetaan dan kecenderungan ke depan, baik bagi organisasi maupun bangsa Indonesia secara umum.



Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Mahbib Khoiron

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Silahkan kirimkan pesan, kritik dan saran ke alamat email redaksi "mwcsalaman@gmail.com atau sms ke hp. 085643277666. Terima kasih